Selasa, 11 Desember 2018

Dampak Memakan Makanan Haram


      



Dampak Memakan Makanan Haram


  Makanan haram adalah makanan yang dilarang dikonsumsi oleh umat islam.
Dalam pandangan islam,jenis makanan yang dihukumi haram digolongkan kedalam dua jenis


Pertama : Makanan haramd dari segi dzatnya,  seperti yang di sebutkan dalam firman Allah SWT  :

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَامِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ ۚ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ




"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan.
Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al Maidah ayat 3)




Kedua : makanan bisa dihukumi haram dilihat dari segi cara memperolehnya

Misalnya makanan yang diperoleh dengan cara mencuri,menipu,makanan hasil riba ,ataupun makanan yang diperoleh tidak menggunakan syariat islam.



Dalam kitab wasiatul mustofa Rosululloh SAW. berpesan kepada sohabat Ali bin Abi Thalib RA.



“Wahai Ali,tidaklah seorang hamba yang pergi mencari sesuatu yang haram melainkan setan akan menemaninya,tidaklah seseorang (yanhpergi mencari sesuatu yang haram) dengan menaiki kendaraan melainkan setan akan membuntutinya,tidaklah seseorang yang mengumpulkan harta melainkan setan nanti yang akan memakan (harta)-nya,dan tidaklah seseorang yang lupa mengingat nama Allah ketika berhubungan dengan istrrinya melainkan setan akan bergabung dengannya dalam memperoleh keturunan.Demikianlah (yang dimaksud)firman Allah,”……Dan bersekutulah dengan mereka pada harta dan anak-anak serta beri janjilah mereka.”




Diantara dampak dari memakan makanan haram sebagai berikut :

1.       Allah akan menghalangi do’anya

Seseorang yang didalam dagingnya tumbuh dari makanan-makanan haram maka do’anya akan tertolak,dalam artian tidak akan dikabulkan aleh Alah SWT

2.       Amalannya tertolak
Sama halnya dengan do’a,sebanyak apapun amal solehnya,namun ketika ia memakan makanan haram,Allah tidak akan menerima  amal kebaikannya.
(Dalam sebuah hadist Rosululloh bersabda tentang hal-hal yang menyebabkan amalan seseorang tidak akan diterima oleh Allah).


Ibnu Abbas berkata bahwa Sa’ad bin Abi Waqash berkata kepada Nabi Muhammad SAW, “ Ya Rasulullah, doakanlah aku agar menjadi orang yang dikabulkan doa-doanya oleh Allah”. Apa jawaban Rasulullah, “Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan doanya. Dan demi jiwaku yang ada di tangan-Nya sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak akan diterima amalnya selama 40 hari dan seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu dan riba, maka neraka lebih layak untuknya” (HR. At-Thabrani)

3.      Hatinya akan menjadi gelap dan mati

Makanan haram akan mempengaruhi hati dan pikiran seseorang,Dan barang siapa yang memakan (makanan dan minuman) haram,maka hatinya akan mati,agamanya ringkih,dan keyakinannya akan melemah.

4.      Makanan haram akan membawanya ke neraka

“Tidak akan masuk surge jasad yang diberi makan barang haram”

5.      Mempengaruhi perilaku seseorang


        Seseorang yang mengkonsumsi makanan haram cenderung akan berperilaku brutal dan dampak bagi seorang anak di diberi makan makanan haram oleh orang tuanya akan sulit diatur, diberi nasihat,dan membangkang.



6.      Memberi madharat untuk diri sendiri



Sesungguhnya Allah SWT. dengan sifat kemurahannya menharamkan kepada hambanya sebagian makanan yang memiliki madharat untuk kebaikan serta kebahagiaan hambanya.Karena makanan yang diharamkan Allah memiliki madharat dan keburukan yang besar.

0 komentar:

Posting Komentar