Ziarah Wali Songo

ziarah walisongo pon pes nurul ihsan tahun 2017.

Aula Nurul Ihsan

Alhamdulillah berkat dukuan semua kalangan proses pembuatan Aula Nurul Ihsan telah Mencapai 90%.

Suasana Sarapan Pagi

Suasana sarapan pagi Rombongan ziaroh pondok pesantren Nurul .

Beladiri Cimande

Santri Putra mengikuti latihan bela diri Cimande.

17 Agustus

Para santri berangkat guna melaksanakan Upacara Hari kemerdekaan.

Jumat, 08 Desember 2017

Crita santri nurul Ihsan

Aktifitas santri nurul ihsan di jum'at pagi Jam 3:15 kami sudah dibangunin pengurus... jam 4:00 kami harus sudah di masjid trus baca Al-Qur'an Sampai Qomat habis jama'ah subuh ,wiridan terus baca nailul muna,baca istighosah bersama. jam 05:15 kami bersama-sama menuju maqom Mbah Nashir(Bapak Abah yai) dan para keluarga bani nashir. selesai kira-kira jam 06:45. setelah kembali ke pondok kita langsung persiapan setoran hafalan. Ibu,,, Ayah,,, Memang Kami kedinginan,,, Memang Rasanya sangat malas,,, Tapi tolong jangan hentikan doamu agar kami selalu menang melawan kedinginan. agar kami selalu kokoh di jalan ini,,, Ibu,Bapa, Siapa Bilang kami ngga kangen Keluarga? Kami Kangen ibu kami rindu bapa, Dulu awal Mondok, aku ngrasa ibu ngga cinta aku,ibu ngga sayang aku,aku dibuang sendirian disini. Aku ngrasa bapa ngga peduli lagi sama aku,aku di beda-bedain sama sodara-sodara ku. Tapi Sekarang aku sadar,,, Ibuku Hebat,Bapaku keren Aku sadar saat ziaroh tadi bu, Coba ibu angan-angan. Aku sama pak yai bukan sodara,bukan keluarga,bukan apa-apa iya kan bu...??? tapi kenapa hampir setiap hari aku doain pak yai? kenapa setiap malam jumat tahlilan buat keluarga pak yai? kenapa setiap jumat 05:15 pagi yang enaknya buat tidur,molor (istilah jaman now),aku malah menuju kuburan Mbah nashir yang aku pun belum pernah berjumpa dengan beliau, yang jelas-jelas banyak nyamuk,banyak embun,dan pastinya dingin banget.... Di angan-angan lagi bu,,,pa,,, Pasti Jawabanya BUKAN KELUARGA,BUKAN SODARA,apalagi CAMER(make istilah kind zaman Now) (tapi AMIN SIH xixixi...) Setuju atau ngga Aku disini Karena ILMU. Aku tau ibu khawatir,ibu sering nangis kalo inget aku. aku tau bapak sering pusing masalah kesehatanku,dll. Coba Hirburan sejenak bu,bapa. Berapa banyak doa yang didapat Abah Yai dari para santri. Berapa banyak Pahala yang di dapat mbah Nashir karena di doakan oleh murid anaknya (Abah Yai), Perlu di Ingat bu.. !itu sudah dijamin di terima karena termasuk ilmunnafi' Berapa banyak orang yang sowan ke pakyai dalam keadaan menangis,lalu keluar dengan senyum lebar.(senyum ada ibadah,apalagi bikin orang sedih jadi senyum) Berapa rizki yang di dapat melalu ilmunya. Jadi,Ibuku Yang hebat harus Sabar Ayahku yang Hebat Harus Kuat. Aku mondok ada Waktunya,ngga selamanya. Tolong jangan sampai lupa doanya buat aku, 1.semoga aku sehat selalu, 2.Dapet ilmul yang bermanfaat 3.EeeeT,jangan lupa semoga tambah cantik dan Cepet Gede :) 4.Cita-citanya tercapai. emmm..tek kasih bocoran sedikit cita-citaku. ngga muluk-muluk ko, aku ingin mengubah kesedihan ibu bapak ku dengan kegembiraan. aku ingin membalas airmata kesedihan seorang ibu yang terpisah dengan anaknya,dengan air mata kebahagiyaan, supaya ibu tau air mata yang beliau teteskan setiap malam,tidak sia-sia karena airmatanya aku sukses. Kalo Untuk ayah,ayah ngga usah kerja lagi mudah-mudahan aku bisa nanggung semuanya,aku sedih banget kalo liat ayah, Habis subuh sudah berebut air buat pengairan sawah,padahal sawahnya bukan milik bapak,bapak cuma penggarap. selesai masalah air,jam tujuh berangkat nyangkul,jam 10 baru sarapan,panas-panas mandi lumpur MASYA ALLOH,,,,baru selese jam 12, Pulang kerumah mandi,solat,bukanya istirahat malah nyari rumput buat ternak,pulang-pulang asar,mandi terus solat asar,Istiahat sejenak,jam 5 sore kasih makan ternak. pulang kerumah solat mahrib,habis mahrib ngajarin si bungsu ngaji iqro,,,,habis isa baru makan malem,,,masya alloh yang sabar bapa,,,,😭😭😭 udah dulu karena ini sudah 400 kata,dan harus di kumpulin jam Sembilan,,,,yang membaca doain yah semoga cita-citaku tercapai.Amin By.win23 kelas 2 mts salafi. NB: 1.tulisan ini adalah tulisan wajib bagi santri nurul ihsan setiap hari jum'at(tema bebas). 2.yang kami tampilkan disini yang menurut kami layak. 3.silahkan di kritik di kasih saran,tpi jangan di bully yah :) karena rata-rata yang nulis umuran SMP.

Kamis, 30 November 2017

Sebutir Kurma Penghambat Doa

kurma penghambat doa
Disuatu hari Ibrahim bin adham setelah menunaikan ibadah haji,ia berniat berziarah ke masjidil aqsa,tetapi perbekalan yang ia bawa masih kurang untuk perjalanan.ia melihat seorang pedagang tua yang menjual kurma didekat masjidil haram  .ibrahim bin adham menghampirinya dan mengucapkan salam “Asalamualaikum”.

“Wa’alaikumsalam”.jawab pedangang tua itu.
Aku hendak membeli kurma yang engkau jual itu pak …?

Jawab pedangang tua itu. “Alhamdulillah…. Silahkan,mau beli berapa kilo gram tuan…?
1 kg saja pak,hanya untuk menambah bekal perjalanan menuju masjidil aqsa.jawab Ibrahim
Setelah kurma ditimbang dan dibungkus, Ibrahim melihat sebutir kurma tergeletak didekat timbangan.

Ia Menyangka bahwa kurma itu bagian dari yang ia beli, Ibrahim memungut dan memakannya. Setelah itu ia langsung berangkat menuju Al Aqsa.

4 bulan berlalu sampailah ibrahim di masjidil aqsa.seperti biasa, ia suka memilih sebuah tempat beribadah (shalat dan berdo’a) pada sebuah ruangan dibawah kubah Sakhrah atau yang biasa disebut Kubah Batu. Kubah sakhrah adalah sebuah bangunan persegi delapan berkubah emas yang terletak di tengah kompleks Masjid Al Aqsha. Kompleks ini sendiri berada dalam tembok Kota Lama Yerusalem (Yerusalem Timur). Tempat ini disucikan dalam agama Islam dan Yahudi. Kubah Shakhrah ini selesai didirikan tahun 691 Masehi, menjadikannya bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia. Di dalam kubah ini terdapat batu Ash-Shakhrah yang menjadi tempat suci bagi umat Yahudi dan umat Islam.

Di saat ia sedang beribadah di ruangan tersebut, Tiba tiba ia mendengar percakapan 2 Malaikat tentang dirinya. “Itu, Ibrahim bin Adham, ahli ibadah yang zuhud dan wara yang doanya selalu dikabulkan ALLAH SWT,” kata malaikat yang satu.“

Tetapi sekarang tidak lagi. doanya ditolak karena 4 bulan yg lalu ia memakan sebutir kurma yang jatuh dari meja seorang pedagang tua di dekat mesjidil haram,” jawab malaikat yang satu lagi.
Ibrahim bin adham terkejut sekali, ia terhenyak, jadi selama 4 bulan ini ibadahnya, shalatnya, doanya dan mungkin amalan-amalan lainnya tidak diterima oleh ALLAH SWT gara-gara memakan sebutir kurma yang bukan haknya.“Astaghfirullahal adzhim” ibrahim beristighfar.
 Kemudian Ia langsung berkemas untuk berangkat lagi ke Mekkah menemui pedagang tua penjual kurma. Untuk meminta dihalalkan sebutir kurma yang telah ditelannya.
Begitu sampai di Mekkah ia langsung menuju tempat penjual kurma itu, tetapi ia tidak menemukan pedagang tua itu melainkan seorang anak muda.
“4 bulan yang lalu saya membeli kurma disini dari seorang pedagang tua. kemana ia sekarang ?” tanya ibrahim.

“Sudah meninggal sebulan yang lalu, saya sekarang meneruskan pekerjaannya berdagang kurma” jawab anak muda itu.

“Innalillahi wa innailaihi roji’un, kalau begitu kepada siapa saya meminta penghalalan ?”.kata ibrahim

Lantas ibrahim menceritakan peristiwa yg dialaminya, anak muda itu mendengarkan dengan sangat-sangat memperhatikan.

“Nah, begitulah” kata ibrahim setelah bercerita, “Engkau sebagai ahli waris orangtua itu, maukah engkau menghalalkan sebutir kurma milik ayahmu yang terlanjur ku makan tanpa izinnya?”.

“Bagi saya tidak masalah. Insya ALLAH saya halalkan. Tapi entah dengan saudara-saudara saya yang jumlahnya 11 orang. Saya tidak berani mengatas nama kan mereka karena mereka mempunyai hak waris sama dengan saya.”

“Dimana alamat saudara-saudaramu ? biar saya temui mereka satu persatu.”

Setelah menerima alamat, ibrahim bin adham pergi menemui. Biar berjauhan, akhirnya selesai juga. Semua setuju menghalakan sebutir kurma milik ayah mereka yang termakan oleh ibrahim.

4 bulan kemudian, Ibrahim bin adham sudah berada dibawah kubah Sakhrah. Tiba tiba ia mendengar dua malaikat yang dulu terdengar lagi bercakap cakap. “Itulah ibrahim bin adham yang doanya tertolak gara gara makan sebutir kurma milik orang lain.”

“Ooo, tidak.., sekarang doanya sudah makbul lagi, ia telah mendapat penghalalan dari ahli waris pemilik kurma itu. Diri dan jiwa Ibrahim kini telah bersih kembali dari kotoran sebutir kurma yang haram karena masih milik orang lain. Sekarang ia sudah bebas.”

Oleh sebab itu berhati-hatilah dgn makanan yg masuk ke tubuh kita, sudah halal-kah?
Lebih baik tinggalkan apabila ragu-ragu…

Rabu, 29 November 2017

Siapa Wanita Shalihah Itu?

wanita shalihah
Seperti apa sih wanita shalihah itu..?

Jika mendengar kata shalihah,yang terbayang di benak anda pasti seorang wanita yang berkerudung,menggunakan jubah panjang sampai ujung kaki,bahkan  ada yang menutup mukanya (bercadar) hingga yang terlihat hanyalah dua pasang mata.
Rasulallah SAW bersabda :
اَلدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا اَلْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ
“Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”

Yang dimaksud wanita shalihah itu adalah
1. Wanita yang ta’at kepada allah
2. Wanita yang ta’at kepada ke-2 orang tuanya,menghormati dan menjunjung tinggi kedudukan                orang tuanya dan tidak pernah lupa pula mendo’akannya
3. Wanita yang ta’at kepada suaminya,menjaga harta dan martabat suamiya dan mendidik anak-                anaknya dengan kehidupan yang islami
4. Wanita yang pandai menjaga dirinya,bersikap sederhana,rendah hati dan ia tidak gemar                       bermewah-mewah dengan dunia

Itulah tadi sekelumit catatan mengenai karakteristik wanita shalihah.
Dari beberapa karasteristik tadi,kami akan menceritakan sebuah kisah yang menceritakan sebuah kisah yang menceritakan karasteristik wanita shalihah dengan bukti ta’at kepada suaminya.
Kisah ini terjadi pada zaman rasulallah,ketika rasulallah SAW masih ada,tersebutlah istri yang shalihah yang sangat setia dan taat kepada suaminya.

Suatu hari,karena sudah diwajibkan oleh agama,sang suami hendak memenuhi panggilan untuk berjihad.dia berpesan pada istrinya “istriku tersayang dan yang ku cintai,aku akan pergi untuk berjihad meninggikan kalimat-kalimat allah SWT,sebelum aku kembali pulang dari jihadku janganlah kamu pergi kemanapun dan jangan keluar dari rumah ini.setelah berpesan demikian pada sang istri,berangkatlah sang suami menuju medan jihad.

Beberapa hari berlalu,datanglah seseorang kepada wanita tersebut yang mengabarkan bahwa ibunya sedang sakit parah.orang yang diutus tersebut mengatakan pada wanita shalihah tersebut untuk segera menjenguk ibunya “ ibumu saat ini sedang sakit keras jenguklah dia sekarang”.dengan gelisah wanita tersebut menjawab “saya mohon ma’af sebesar-besarnya,bukannya tidak mau menjenguk,tapi saya dilarang keluar rumah sebelum suami saya pulang,tolong sampaikan permohonan ma’af dan salam saya pada ibu.sang utusan pulang kembali tanpa mengajak wanita tersebut.

Malam berlalu dan suami yang berjihad belum juga pulang.keesokan harinya datanglah kembali seorang utusan yang mengabarkan bahwa ibu wanita tersebut meninggal dunia.betapa sedih wanita tersebut,air matanya berlinang mendengar kabar ibu yang dicintainya telah pergi untuk selama-lamanya,bahkan disaat terakhirnya dia tidak berada disampingnya.

Sang utusan tersebut berkata “sekarang ibumu telah tiada,datanglah untuk memberikan penghormatan terakhir sebelum beliau akan dikebumikan hari ini”.namun istri yang shalihah ini sambil menagis tersedu-sedu menjawab “bukannya saya tidak mencintai ibu saya,tapi saya memegang amanah suami saya untuk tidak keluar rumah hingga dia pulang dan memberi saya izin “.

Dengan sangat berat utusan tersebut pulang,mungkin karena kesal dan heran dengan sikap wanita tersebut yang tidak mau dating walaupun ibunya sakit keras hingga meninggal dunia,dia adukan masalah tersebut pada rasulallah SAW.

Dengan nada kesal ia berkata kepada nabi SAW “Wahai rasulallah,wanita itu sangat keterlaluan.dari mulai ibunya sakit hingga meninggal dunia dia tidak mau datang untuk menemui ibunya.”
Rasulallah SAW bertanya “kenapa dia tidak mau datang?”.

“wanita itu mengatakan bahwa dia tidak mendapat izin untuk keluar rumah sebelum suaminya pulang berjihad”.jawab utusan yang mengadu ke rasulallah SAW tersebut.

Rasulallah SAW tersenyum,kemudoian beliau berkata “ dosa-dosa wanita tersebut diampuni allah SWT.karena dia mempunyai seorang putrid yang sangat taat terhadap suaminya”.

Hikamh dari kisah ini adalah agar setiap wanita selalu taat pada suaminya selama yang diperintahkan suaminya bukan untuk mengingkari ketentuan allah.karena bagi seorang istri hak suamilah yang paling pertama dan utama yang harus dipenuhi,sedangkan bagi seorang suami ibunyalah yang harus lebih diutamakan.kesetiaan seorang istri dan ketaatannya pada suami.pada kisah wanita diatas bisa kita jadikan sabagai salah satu contoh bagaimana seorang istri menjaga amanah dan patuh pada suami,sehingga orang tuanya pun mendapatkan berkah yang luar biasa.

Semoga para pembaca,khususnya seorang wanita bisa mengambil hikmah dalam kisah ini dan menjadi seorang calon atau istri yang baik dan diridhai allah SWT. Amin ya rabbal alamin…..

Selasa, 28 November 2017

THARIQ BIN ZIYAD,Sang Penakluk Negeri Spanyol (Andalusia)

pahlawan islam : tariq bin ziyad
TARIQ BIN ZIYAD
(TH 92 H/711 M)

Pada masa khalifah Usman bin Affan dan Muawiyah sampailah agama Islam ke tanah Barbar,Tripoli,Maroko,Tunia dan Aljazair.penduduknya masuk islam berbondong-bondong.pemuda –pemuda banyak banyak dari mereka bergabung  dengan tentara islam dan menjadi opsir-opsir tinggi.
Khalifah Walid bin Abdul Malik dari daulah Bani Umayah mengangkat Musa bin Nasir menjadi gubernur dan jendral tentara Islam di negri Barbar ini.banyak peperangan yang dilakukan dengan tentara rum yang berujung dengan kemenagan umat islam yang gemilang.di antara opsir tinggi yang mashur dewasa itu tersebutlah nama Tariq Bin Ziad dan Tariff Bin Malik.

tariq bin ziyad


MENAKLUKAN NEGERI SPANYOL

Musa bin Nasir mengangkat Tariq bin Ziad menjadi komandan sebuah benteng di tanah Maghribi.pada saat musa mendapat berita tentang Tanah Spanyol dan hasilnya yang banyak,serta kelemahan pemerintahan disana,diutuslah jendral tariq untuk pergi menaklukkannya.

Berangkatlah Tariq dengan tujuh ribu tentara islam gengan menggunakan perahu menuju pantai Negri Spanyol,dan mendarat pada sebuah bukit yang kemudian diberi nama Jabal Tariq (Gibraltar) dan memebuat benteng dekat muara sungai Guadalquivir (Alwaidil Jani’).

Pada saat itu raja spanyol yang bernama Roderick,begitu dia mendengar berita kedatangan tentara islam itu,ia pun mengumpulkan tentara sebanyak-banyaknya melebihi jumlah tentara islam,lalu mereka berangkat menuju tentara tariq bin ziad.

Sebelum itu tariq memerintahkan membakar segala perahu yangsudah  membawa tentara islam ke spanyol,agar mereka berjuang mati-matian dengan tidak mengenal jalan pulang.dengan itu tekad mereka salah satu dari dua : Mati zsyahid dengan mendapat surga atau hidup beroleh kemenangan yang gemilang.

Kemudian tariq berpidatao yang berapi-api untuk membangkitkan keberanian tentaranya.di antaranya beliau berkata :
“ Wahai ummat Islam ! musuh  dihadapanmu,lautan dibelakangmu,jika kamu tidak berperang dengan kesabaran dan keberanian luar biasa pastilah kamu hancur binasa.karena itu ayo majulah ke muka,saya dimuka,dan insyaallah saya akan membunuh raja musuh kita dengan pedangku ini “.

Tentara islam menyerbu pihak tentara Spanyol itu.Roderick dapat dibunuh oleh Tariq dengan pedangnya.keberanian tariq mendorong kuat bagi tentara islam untuk mengalahkan tentara Spanyol.

Pertempuran itu berjalan beberapa hari lamanya.kemenangan berada di pihak tentara Islam,dan mereka mendapat banyak sekali harta rampasan perang.pertempuran ini dinamakan Perang Syarisy.

Tariq meneruskan penyerbuannya ke daerah pedalaman tanah Spanyol serta menaklukkan setiap kota yang dilaluinya sampai ke ibukota spanyol pada saat itu “Toledo”.

Adapun Tariq sangatlah dikasihi dan diikuti oleh tentaranya .mereka sangat patuh dibawah pimpinannya.dengan berkuasanya Tariq di kota Toledo,ia pun menjadi Jendral besar Islam dan raja yang tiada bermahkota di tanah spanyol.kemudian beliau dipanggil pulang oleh sang khalifah walid ke damuskus,karena khawatir akan pengaruh Tariq di sana.

AKHLAQNYA

Tariq bin ziad adalah penglima perang yang terbesar.manakala orang menyebut keagungan dan kemuliaan islam,pastilah nama beliau akan senantiasa teringat.

Minggu, 26 November 2017

Kisah Si Katak Kecil Pemberani

katak kecil pemberani

Pada suatu hari ada segerombol katak-katak kecil yang mengikuti lomba memanjat sebuah menara.

Penonton berkumpul bersama mengelilingi menara,tentunya untuk menyaksikan perlombaan dan memberi semangat kepada para peserta untuk mencapai puncak sebuah menara yang sangat tinggi.

Perlombaan dimulai….tetapi secara keseluruhan penonton tidak satupun yang benar-benar percaya bahwa katak-katak kecil akan bisa mencapai puncak menara.

Ada yang berteriak sangat keras mengatakan “HAAAAAI,……MENARANYA TERLALU SULIT…!!!..TIDAK AKAN PERNAH KALIAN DAPAT MENCAPAI PUNCAK…….

Ada yang menyorak-nyoraki dengan perkataan “MENARANYA TERLALU TINGGI…DAN TERLALU LICIN….!!!

Tidak lama kemudian satu persatu katak-katak kecil itu mulai berjatuhan.kecuali mereka yang tetap semangat menaiki menara perlahan-lahan,semakin tinggi…dan semakin tinggi.

Penonton terus bersorak-sorak “TERLALU SULIT…TERLALU SULIT…!!! KALIAN TIDAK AKAN BERHASIL SAMPAI PUNCAK MENARA ITU..!

Ada banyak katak kecil yang lelah,letih dan kemudian menyerah…tetapi ada satu katak kecil mungil yang terus semangat melanjutkan hingga semakin tinggi…tinggi dan sangat tinnggi…dia terus berusaha untuk tidak menyerah.

Disaat semua katak kecil rtelah menyerah untuk menaiki menara.kecualai satu katak kecil tadi yang terus berusaha sekuat mungkin menaiki menara yang tinggi sehingga menjagi satu-satunya yang berhasil mencapai puncak.

Semua katak kecil yang tidak berhasil bertanya-tanya kepada satu sama lainnya “ Bagaimana  katak kecil mungil ini bisa melakukannya ?”.seorang peserta dengan berani bertanya kepada katak kecil itu “ Bagaimana kau bisa menemukan kekuatan untuk mencapai menara itu?. Katak kecil menjawab “ketika aku menaiki menara tersebut aku tidak mendengarkan semua penonton yang mengucapkan “terlalu sulit dan terlalu sulit untuk mencapainya” sehingga aku dapat menjadi pemenang perlombaan ini.

Hikmah dari cerita di atas  bisa di simpulkan bahwa “Ketika kita ingin menggapai cita-cita yang tinggi.,selalu berfikirlah,bahwa kita bisa mencapainya meskipun banyak rintangan yang menghadang !...Dan berlaku tulilah jika ada orang berkata kepadamu bahwa kamu tidak bisa menggapai cita-citamu.