Senin, 01 April 2019

6 kunci syurga




.


 Setelah mausia mengalami kematian, yang mana pada saat itu manusia berada dialam barzakh manusia akan menempati alam kelima (yang setelah melewati alam- alam sebelumnya yaitu yang pertama; alam azali, yang kedua; alam rahim, alam ketiga; alam dunia, dan yang keempat; alam barzakh ) atau alam terakhir, yaitu alam akherat. dimana alam akherat ini terbagi menjadi dua yaitu neraka bagi orang orang kafir dan syurga bagi orang islam dan beriman kepada allah dan rasulNya.

Tentunya juga semua orang menginginkan beristirahat diperistirahatan terakhir ditempat yang penuh dengan kenkmatan, tempat dimana tidak ada lagi masalah, semua yang keinginan bisa didapatkan dengan mudah, tempat yang abadi, apalagi jika bukan syurga fii ridhollahu ta"ala anhu.
selagi kita masih mengaku sebagai umat nabi muhammad salallahu alaihi wasallam. insya allah bisa masuk ke syura bersama sama. karena nabi muhammad salallahu alaihi wasallam pernah bersabda:

كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى” قَالُوا: “يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَنْ يَأْبَى؟” قَالَ: “مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ، وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى”.

"seluruh umatku akan mauk surga kecuali yang enggan". para sahabat bertanya," wahai rasulullah, siapakah yagenggan masuk surga?" . beliau menjawab " barang siapa yangtaat kepadaku maka ia akan masuk surga, dan barang siapa yan tidak mentaatiku berarti ia telah enggan (untuk masuk surga)". (HR.Bukhari dan abu hurairah RA).

Tapi tidak semua orang yang menginginkanya bisa masuk kedalamnya. karena kita harus memliki kuncinya yang apabila telah kita dapatkan didunia niscaya surga menjadi milknya, dan sebaliknya yang tidak bisa mendapat kuncinya didunia ia tidak akan menemui suga.

kuni kunci tersebut ada 6 yang diuqil dari ta nashoihul ibad;

عن علي رضي الله  عنه وكرم وجهه انه قال: من جمع ستة خصال لم يدع تتجنة  مطلبا  ولا عن  النار مهربا

Dari sohabat Ali radiallahu anhu karamallahu wajhah "barang siapa yang mengumpulkan 6 perkara maka ia tidak akan meninggalkan surga dan bukan pula neraka tempat kembalinya ".

6 perkara tersebut adalah:

1.  kenali ALLAH
Dialah yang maha pencipta, maha pemberi rizki, maha menghidupkan dan maha mematikan. jika kita sudah mengenal siapa itu Allah maka kita akan menjadi orang yang taat (melaksanakan perintahnya dan menjauh larangannya )

2. kenali syetan
bahwa dia adalah musuh kita, maka jika kita sudah mngenalnya kita tidak akan menuruti perintahnya

3. kenali akhirat
bahwa akhirat adalah  desa atau tempat dimana kita akan kekal didalamnya .
jika kita sudah mengenal akhirat maka kita akan mempersiapkan  bekal untuk bisa tinggal didalamnya dengan persiapan yang sebaik-baiknya.

4. kenali dunia
bahwa dunia hanyalah tempat tinggal sementara.
jika kita sudah mengenal duniamaka nkita tidak akan mengejarnya, kecuali sekedar untuk bekal menuju akhirat.

5. kenali perkara حق
yitu perkara kebenaran secara hukum.
maka kita akan mengikutinya,dan mengerjakan perkara حق tersebut.

6. kenali perkara باطل
yaitu perkara yang secara hukum tidak sah (bukan perkara kebenaran ).
maka kita akan menjauhinya, dan tidak mau mengerjakan perkara tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar