Rabu, 20 Desember 2017

pentingnya ilmu pengetahuan dalam islam


Pentingnya ilmu pengetahuan dalam islam

Membahas tentang pentingnya ilmu,tahukah kalian tentang ilmu itu…?
Marilah kita cari tahu tentang pembahasan ilmu..!
*apa ilmu itu…?
 Ilmu merupakan kondisi sedemikian rupa yang dimiliki seseorang maka menjadi jelas apa yang diketahuinya.ilmu adalah investasi yang harus memberi keuntungan bagi kita sekalipun kita sudah meninggal dunia.dalam sebuah hadist nabi pernah bersabda :’’ jika manusia meninggal maka amalnya terputus kecuali tiga perkara :sedekah jariyah ,ilmu yang bermanfaat dan anak sholih yang mendoakan kebaikan baginya “
Dalam kitab duroyun Nashihin dijelaskan bahwasanya ilmu itu berasal dari 3 huruf , م ل ع , yang masing masing mempunyai makna terdendiri. Pertama ع berarti علىىن  yang artinya luhur. Kedua ل yang artinya لطف (lembut), ketiga م yang artinya ملك (menguasai/merajai)
Dapat disimpulkan bahwasannya ilmu yang bermanfaat itu bisa mengangkat derajat manusia pada kemuliaan dunia akhirat.
*mengapa kita harus mencari ilmu..?
Ketahuilah kawan,agama mewajibkan kepada kita untuk mencari ilmu yang berhubungan dengan masalah keseharian kita, karena dalam bermasyarakat kita harus memiliki pengetahuan agar hidup dapat terarah sukses dunia akhirat. Bahkan diwajibkan bagi umat manusia untuk mempelajari ilmu pengetahuan sampai ia kembali menghadap Allohh swt.
Rasululloh saw bersabda:
ا طلبوا لعلم من المهد الى اللحد
‘’tuntutlah ilmu mulai dari belaian ibu sampai keliang lahat’’
Hadist diatas menunjukan betapa pentingnya ilmu dan pengetahuan dalam kehidupan ini,seseorang tidak akan mencapai kesempurnaan apabila ia tidak mempunyai ilmu dan pengetahuan.ingatlah bahwasannya ilmu itu bagaikan pedang,jika tidak kamu putus,maka kamu akan terputus dan ilmu juga sangat mahal harganya walaupun itu dibandingkan dengan emas.
*bagaimana cara mendapatkan ilmu…?
 Dalam kitab Qomi’uth Thugyah dijelaskan cara mendapatkan ilmu,ada dua macam yaitu: kasby dan sama’iy. Ilmu kasby adalah ilmu yang dicapai dengan ketekunan belajar dan membaca didepan guru. Sedangkan ilmu sama’iy adalah ilmu yang dicapai dengan cara mendengarkan uraian para ulama mengenai masalah-masalah agama maupun dunia. Dan ini tidak akan tercapai tanpa adanya kecintaan kepada ulama,bergaul dengan mereka,berkumpul dengan mereka, dan bertanya kepada mereka.
*bagaimana keutamaan ilmu pengetahuan …?
 Dalam kitab Nashohibul ‘ibad diriwayatkan dari Abdulloh bin Mas’ud ia berkata,bahwa Rosululloh bersabda : barang siapa yang mempelajari  satu bab ilmu yang berguna bagi masalah akhirat dan masalah dunianya,maka satu bab ilmu itu lebih baik daripada umur dunia selama7000 tahun dimana ia berpuasa pada siang hari dan mendirikan ibadah dimalam hari dengan ibadah yang diterimanya’’
 Kita semua sudah tahu,bahwa salah satu faktor terpenting dalam mengarungi kehidupan manusia didunia  ini adalah dengan ilmu. Ilmu itu bagaikan cahaya yang menerangi manusia dalam kegelapan. Dengan ilmu manusia dapat membedakan mana yang salah dan mana yang benar ,mana yang baik dan buruk, serta mana yang halal dan haram.
Maka dari itu saudaraku, ilmu itu salah satu perkara yang sangat penting sekali dalam kehidupan manusia. Karena segala sesuatu pasti membutuhkan ilmu. Wahai para muslimin, khususnya para muda-mudi marilah kita menuntut ilmu setinggi-tingginya,sebab islam sendiri adalah sumber ilmu. Ilmu yang tidak mendapat petunjuk dari  Alloh akan membawa laknat bagi orang tersebut.
Marilah kita meminta kepada Alloh swt agar kita diberi keteguhan dan kesabaran dalam menjalankan perintah-perintah agama , serta diberi ilmu yang bermanfaat didunia dan akhirat, ilmu yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Amin………ya robbal alamin

0 komentar:

Posting Komentar