Jumat, 28 September 2018

Penyebab sulitnya bertaubat



pertama, Taubat itu apa sih ?
Taubat menurut bahasa artinya kembali, sedangkan menurut istilah taubat artinya kembali ke jalan yang benar yaitu menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya




Maksud dari taubat itu sendiri seperti apa sih ?
Saya yakin setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, juga memiliki dosa baik besar maupun kecil, terkadang ada juga yang tidak menjalankan perintahnya malah menjalankan apa yang telah dilarangNya.
Nah ketika seseorang melakukan kesalahan lalu ia menyadarinya dan ingin kembali lagi ke jalanNya, dalam artian tidak ingin mengulanginya lagi yaitu dengan menjalankan perintahNya kembali dan menjauhi laranganNya kembali. Maka itulah yang dinamakan taubat.
Tapi kebanyakan orang setelah bertaubat dikemudian hari ia mengulanginya kembali, bahkan dizaman sekarang sangat jarang sekali ada orang yang bertaubat sungguh sungguh, dan tidak lain itu terjadi karena mereka tidak lulus atas rintangan rintanganNya, maka dari itu mereka sulit untuk bertaubat dengan sungguh sunggguh.
dan tahukah kalian apa saja rintangan -rintangan itu ?
disini saya akan sedikit menguraikan beberapa rintangan rintangan tersebut
pertama, kecondongan hati kepada dosa, maksudnya gini... contoh ada seseorang yang mau bertaubat untuk tidak mau merokok lagi, tapi ia masih suka dengan rokok, maka hatinya akan sulit untuk meninggalkan rokok tersebut. atau contoh lainnya.. ada seseorang yang suka sama pasangan orang lain (menjadi selingkuhan orang) yang nyatanya perbuatan tersebut itu salah, karena merusak rumah tangga seseorang. Dan suatu hari ia menyadarinya bahwa perbuatan itu tidak baikdan ia mau bertaubat untuk tidak mengulanginya lagi, maka taubatnya akan sulit ia lakukan jika hatinya masih mencintai pasangan orang lain itu. lalu gimana solusinya? untuk masalah ini solusinya adalah lupakan hal (buruk) yang kamu sukai itu, dan seringlah membaca istighfar, maka Allah akan memudahkan jalanmu.
Rintangan yang kedua, alasan yang dibuat setan
ketika hati ingin berbuat baik, pastinya setan akan selalu menghalang halanginya. contoh dalam hal taubat. ketika ada seorang wanita yang awalnya tidak berjilbab yang kemudian ia berkeinginan untuk berjilbab (bertaubat), setan akan menghasutnya dengan berbagai alasan. seperti '
' kalau aku berjilbab, nanti pacarku akan memutuskanku, karena dia sangat tidak suka dengan perempuan yang berjilbab' atau ' kalau aku berjilbab, maka aku tidak akan bisa manggung lagi, lalu dari mana aku mendapat kan uang untk menghidupi keluargaku' kata seorang biduan. lalu apa solusinya? Untuk hal ini yang diperlukan adalah keyakinan kita kepada Allah. karena sesungguhnya takdir Allah itu pasti baik, ban tentang rizki juga tsudah diatur oleh Allah SWT.
rintangan yang ketiga, tertipu dengan penutupan Allah atas dosanya
Terkadang setelah melakukan kesalahan / dosa Allah akan menutupi kesalahan itu, sehingga membuat seseorang berkeinginan untuk mengulanginya kembali. contohnya, ada seorang pegawai disuatu kantor. pada suatu hari ia mengambil uang yang tersimpan dalam laci seorang direktur tanpa diketahui siapapun. sang direktur sudah curiga kepadanya tapi sang direktur itu tidak mempunyai bukti untuk menangkapnya. karena pegawai itu merasa aman, ia pun berpikir untuk mengambilnya lagi. tapi karena sang direkturpun sudah curiga kepada pegawai tersebut maka akhirnya pada percobaan malingnya yang kedua itu pun gagal, dan pegawai itu tertangkap oleh sang direktur. itulah orang yang tertipu oleh penutupan Allah atas dosanya. Maka untuk yang satu ini. solusinya adalah tanamkan pada diri bahwa sepintar apapun kita menyimpan bangkai, baunya akan tercium juga.
   Aslinya masih banyak lagi rintangan rintangan yang Allah berikan kepada orang yang ingin bertaubat. dan tidak lain Allah berikan rintangan tersebut agar manusia bersungguh sungguh ketika bertaubat yaitu dengan taubatan nasuha.
semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua sahabat blogger

0 komentar:

Posting Komentar