Minggu, 02 September 2018

Anjuran Menebarkan Kasih Sayang | usfuriyyah Hadist Pertama

terjemah usfuriyyah kasih sayang

عن عبد الله بن عمر رضي الله تعالى عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : الراحمون يرحمهم الرحمن، ارحموا من في الأرض يرحمكم من في السماء.
Diriwayatkan dari Abdulloh bin Amr,dia berkata: Rosululloh bersabda "orang-orang yang pengasih,mereka akan selalu dikasihi oleh Alloh yang maha pengasih,Kasihilah mahluk yang ada di bumi,Maka mahluk yang dilangit akan mengasihi kalian."

terdapat sebuah cerita yang sangat sesuai dengan hadis yang disebutkan di atas. Diriwayatkan dari sayyidina Ummar bin Khottob. Pada suatu hari beliau berjalan di jalanan kota madinah, kebetulan beliau melihat seorang anak yang sedang menggenggam se ekor burung pipit, Anak itu bermain dengan burung pipit tersebut. melihat hal itu , beliau merasa iba melihat burung pipit tersebut, akhirnya beliaupun berinisiatif membeli burung pipit tersebut dari anak itu kemudian beliau membebaskannya.

Setelah sayyidina umar meninggal dunia,beberapa sahabat bermimpi,dan di dalam mimpi tersebut mereka menanyakan keadaan beliau.
Mereka bertanya "Apa yang Alloh lakukan padamu Wahai Umar?" 
Beliaupun menjawab : "Alloh mengampuniku dan menghapus segala dosa-dosaku" 
Mereka bertanya : "Sebab Apa Alloh mengampuni Dosamu Wahai Umar? Apakah karena engkau seorang yang demawan, apakah karena engkau orang yang adil?atau karena engkau orang yang zuhud?"
Beliau Menjawab : " Saat kalian meletakkanku kedalam kubur dan kalian menutupiku dengan tanah lalu kalian meninggalkanku seorang diri,lalu datanglah dua malaikat yang sangat menakutkan ,akalkupun terbang, persendianku gemetar keras akibat haibah mereka berdua. kemudian mereka berdua memegangku serta mendudukanku dan hendak menanyaiku. Tiba-tiba aku mendengar hatif (Suara tanpa rupa) : "Kalian Berdua Tinggalkanlah Hamba-Ku dan janganlah kalian membuatnya takut, karena aku mengasihinya dan menghapus kesalahanya.Sebab ketka dia di dunia dia mengasihi seekor burung pipit,maka di Akhirat Aku mengasihinya"

Diriwayatkan Kisah lain : 
Ada seorang ahli ibadah di kalangan bani Israil berjalan diatas gundukan pasir, saat itu bani israil sedang dilanda kelaparan hebat. begitu melihat gundukan pasir itu, Dalam hatinya berkata : " Seandainya pasir ini berubah menjadi tepung , niscaya aku bisa membuat perut orang-orang bani israil kenyang."

kemudian Alloh memberi wahyu kepada seorang nabi dari nabi-nabi darikalangan bani israil : "katakan pada Si fulan : Sesungguhnya Alloh telah mewajibkan kepadamu pahala,karena ucapanmu "Seandainya Pasir itu menjadi tepung niscaya aku akan menyedekahkanya"
barang siapa yang mengasihani hamba-hamba Alloh niscaya Alloh akan mengasihinya".

karena ahli ibadah itu mengasihi hamba-hamba Alloh dengan ucapan :"Seandainya seandainya pasir ini tepung maka aku akan membuat perut orang-orang bani israil kenyang." maka dia mendapatkan pahala seakan-akan dia benar-benar melakukan Hal Tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar