Selasa, 28 November 2017

THARIQ BIN ZIYAD,Sang Penakluk Negeri Spanyol (Andalusia)

pahlawan islam : tariq bin ziyad
TARIQ BIN ZIYAD
(TH 92 H/711 M)

Pada masa khalifah Usman bin Affan dan Muawiyah sampailah agama Islam ke tanah Barbar,Tripoli,Maroko,Tunia dan Aljazair.penduduknya masuk islam berbondong-bondong.pemuda –pemuda banyak banyak dari mereka bergabung  dengan tentara islam dan menjadi opsir-opsir tinggi.
Khalifah Walid bin Abdul Malik dari daulah Bani Umayah mengangkat Musa bin Nasir menjadi gubernur dan jendral tentara Islam di negri Barbar ini.banyak peperangan yang dilakukan dengan tentara rum yang berujung dengan kemenagan umat islam yang gemilang.di antara opsir tinggi yang mashur dewasa itu tersebutlah nama Tariq Bin Ziad dan Tariff Bin Malik.

tariq bin ziyad


MENAKLUKAN NEGERI SPANYOL

Musa bin Nasir mengangkat Tariq bin Ziad menjadi komandan sebuah benteng di tanah Maghribi.pada saat musa mendapat berita tentang Tanah Spanyol dan hasilnya yang banyak,serta kelemahan pemerintahan disana,diutuslah jendral tariq untuk pergi menaklukkannya.

Berangkatlah Tariq dengan tujuh ribu tentara islam gengan menggunakan perahu menuju pantai Negri Spanyol,dan mendarat pada sebuah bukit yang kemudian diberi nama Jabal Tariq (Gibraltar) dan memebuat benteng dekat muara sungai Guadalquivir (Alwaidil Jani’).

Pada saat itu raja spanyol yang bernama Roderick,begitu dia mendengar berita kedatangan tentara islam itu,ia pun mengumpulkan tentara sebanyak-banyaknya melebihi jumlah tentara islam,lalu mereka berangkat menuju tentara tariq bin ziad.

Sebelum itu tariq memerintahkan membakar segala perahu yangsudah  membawa tentara islam ke spanyol,agar mereka berjuang mati-matian dengan tidak mengenal jalan pulang.dengan itu tekad mereka salah satu dari dua : Mati zsyahid dengan mendapat surga atau hidup beroleh kemenangan yang gemilang.

Kemudian tariq berpidatao yang berapi-api untuk membangkitkan keberanian tentaranya.di antaranya beliau berkata :
“ Wahai ummat Islam ! musuh  dihadapanmu,lautan dibelakangmu,jika kamu tidak berperang dengan kesabaran dan keberanian luar biasa pastilah kamu hancur binasa.karena itu ayo majulah ke muka,saya dimuka,dan insyaallah saya akan membunuh raja musuh kita dengan pedangku ini “.

Tentara islam menyerbu pihak tentara Spanyol itu.Roderick dapat dibunuh oleh Tariq dengan pedangnya.keberanian tariq mendorong kuat bagi tentara islam untuk mengalahkan tentara Spanyol.

Pertempuran itu berjalan beberapa hari lamanya.kemenangan berada di pihak tentara Islam,dan mereka mendapat banyak sekali harta rampasan perang.pertempuran ini dinamakan Perang Syarisy.

Tariq meneruskan penyerbuannya ke daerah pedalaman tanah Spanyol serta menaklukkan setiap kota yang dilaluinya sampai ke ibukota spanyol pada saat itu “Toledo”.

Adapun Tariq sangatlah dikasihi dan diikuti oleh tentaranya .mereka sangat patuh dibawah pimpinannya.dengan berkuasanya Tariq di kota Toledo,ia pun menjadi Jendral besar Islam dan raja yang tiada bermahkota di tanah spanyol.kemudian beliau dipanggil pulang oleh sang khalifah walid ke damuskus,karena khawatir akan pengaruh Tariq di sana.

AKHLAQNYA

Tariq bin ziad adalah penglima perang yang terbesar.manakala orang menyebut keagungan dan kemuliaan islam,pastilah nama beliau akan senantiasa teringat.

0 komentar:

Posting Komentar